Minggu, 09 September 2012

Pentingnya kebersihan

Menurut ajaran agama kebersihan itu sangat berarti dan sangat bermanfaat bagi semua orang baik kebersihan rohani maupun kebersihan jasmani sebab hanya kebersihan inilah yang menciptakan keindahan baik keindahan lahillia maupun batinia.Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran diantaranya debu, sampah dan bau.
Kami sebagai manusia pasti punya impian untuk mewujdkan kebersihan serta keindahan baik dalam diri semdiri maupun lingkungan sekitarnya.Hal-hal yang mewujudkan impian tersebut adalah sebagai berikut.
a. Dalam diri sendiri,misalnya mencuci tangan, mencuci alat makan, mencuci kaki;
b. merapikan tempat tinggal;
c. menyiapkan tempat sampah baik dalam rumah maupun dilingkungan sekitarnya.
d. membersihkan selokan (parit) agar tidak terjadi erosi, dan banjir.
Kebersihan adalah pangkal kesehatan, jika seseorang melakukan kebersihan dengan sungguh-sungguh, maka dia akan terhindar dari berbagai penyakit yang dia hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Karena orang kesehatan mengatakan bahwa pencegahan lebih penting dari pada pengobatan. Jika kita mengutamakan pencegahan dari pada mengobati maka kita terhindar dari berbagai penyakit dan impianpun terwujud. Saat ini negara kita sedang mengalami banyak masalah salah satunya yaitu pembuangan sampah secara tidak teratur akhirnya banyak penyakit yang terserang warga sekitarnya. Dampak dari hal ini adalah terjadi banjir dan erosi dimana-mana akhirnya banyak menelan korban. Saat ini negara kita kebersihan selalu menjadi suatu persoalanyang sulit diatasi sebab masalah kerbersihan tersebut selalu mengalami  peningkatan tiap tahunnya.
Salah satu dampak negatif yang selalu dilakukan di negeri ini adalah memanfaatkan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Dilihat dari kebutuhannya air merupakan kebutuhan pokok dan harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari.Dengan demikian soal pembuangan sampah ini pemerintah segera mengatasinya karena persoalan ini sangat merugikan bagi kehidupan warga sekitanya. Oleh sebab itu, mulai sekarang mari kita bahu-membahu mewujudkan masa depan kita yang sehat, aman, nyaman, dan cerah.



NIKOLAUS WAKEI@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar