Sabtu, 08 September 2012

Penitngnya Sumber Daya Alam

       Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manausia. SDA dibagi menjadi dua komponen, yaitu biotik contohnya hewan dan tumbuhan; abiotik contohnya minyak bumi, gas alam, dan sebagainya. Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan SDA trebesar didunia.
        SDA berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi SDA yang diperbaharui dan SDA yang tidak diperbaharui. SDA yang dapat diperbaharui adalah kekayaan alam yang akan ada selamanya atau bersifat tetap contohnya hewan, matahari, air dan angin sedangkan SDA yang tidak dapat diperbaharui adalah dalam waktu terbatas atau bersifat sementara contohnya amas, minyak bumi, besi dan sebagainya.
          Pemamfaatan SDA yang ditinjau dari pemeliharaan dan pengembangan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut.
a. Memanfaatkan SDA yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien misalnya air, tanah dan udara;
b. menggunakan bahan pengganti misalnya hasil campuran;
c. mengembangkan metode penambangan pemprosesan yang lebih efisien;
d. melaksanakan etika lingkungan dengan menjaga kelestarian alam.
Indonesia merupakan negara dengan tingkat SDAnya sangan tinggi kedua didunia setelah Brasil. Dilihat dari sisi astronomnya Indonesia terletak pada daerah tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga banyak tumbuhan dapat tumbuh dengan cepat. Dilihat dari sisi geologinya indonesia terletak dilempeng tektonik sehingga di Indonesia banyak terdapat pegunungan dan juga kaya akan mineral. Manfaat SDA berdasarkan sifatnya dibagi manjadi dua bagian, yaitu SDA hayati dan SDA nonhayati. Manfaat SDA memiliki peranan penting dalam pertumbuhan manusia, karena kebutuhan hidup tergantung pada SDA.



 NIKOLAUS WAKEI@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar