Rabu, 14 November 2012

PENGENALAN VIRUS


                                               
Definisi Virus
Virus dpat didefinisikan sebagai suatu softwere yang merusak dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Ada pakar lainjuga mendefinisikan virus sebagai sebuah program yang dapat menempel pada program lain dan memiliki kemampuan memperbanyak diri. Selain dari pengertian diatas virus juga dapat didefinisikan sebagai kriteria berikut.
  • Virus memiliki kemampuan menduplikasi diri
  • Virus membutuhkan tempet untuk memperbanyak diri,seperti sebuah file yang terdapat dalam server,workstation, disket, dokumen maupunsystem boot Rekord.
Dari banyank pengertian yang kita ketahui di atas, dapat disimpulkan bahwa virus adalah suatu program atau softwere yangdapat mereplikasi diri dalam sebuah kode program dengan maksud melakukan sesuatu didalam sistem komputer tanpa disadari olehpengguna komputer dan biasanya menyebabkan kerusakan pada komputer yang terinfeksi.
Mengenal Beberapa Jenis Virus
Yang perlu kita ketahui bahwa setiap virus memiliki karakter berbeda, maka itu marilah kita lihat beberapa virus dibawah ini.
·         Virus file
Virus file pada umumnya menempel pada file program, sepertinya menempel pada file  “EXE atau COM “. Selain dari virus ini, virus lain juga bisa terinfeksi pada file di antaranya “SYS,DRV,BIN,OVL dan OVY”. Jika pengguna komputer menjalankan file program yang sudah terinfeksi virus, maka virus yang sudah terinfeksi itu akan menyebar ke file yang belum terinfeksi virus.
·         Virus stealth
Virus stealth adalah jenis virus yang di rancang dapat menyembunyikandiri agar sulit terdeteksi. Virus ini memiliki cara yang cerdik, yakni memodifikasi struktur file untuk menyembunyikan kode program tambahan di dalamnya dan ukuran-ukuranpun tidak berubah setelah virus terdeteksi.
Efek Yang di Timbulkan Oleh Virus
Pada umumnya efek yang di timbulkan oleh virus  sebagian besar bersifat negatif. Efek-efeknya adalah sebagai berikut.
·         Menyapu habis semua isi hard disk bahkan ada yang memformat hard disk
·         Membuat komputertidak dapat di jalankan lagi
·         Membuat windows berkelakuan aneh atau tidak sepertti biasanya
·         Menghentikan program yang di jalankan atau membuat program berkelakuan aneh
·         Membuat file-file hilang
·         Mengubah jalan perhitungan pada mycrosoft exel atau mengubah karakter pengolahan data pada mycrosoft word.
SEJARAH PERKEMBANGAN VIRUS
Virus pertama kali di temukan pada tahun1981 terdapat pada komputer Apple II bernama Elk Cloner. Dari virus yang ditemukan diatas menampilkan beberapa rangkaian kata sebagaiberikut.
  • ·         It will get on all you dicks
  • ·         It will infiltrate your chips
  • ·         Yes it’s cloner
  • ·         It wiil stick to you like glue
  • ·         It will modify ram too
  • ·         Send in the cloner
Pada tahun 1983, uji coba  dokumentasi virus pertama kali dilakukan dalam sebuah makalah seminar oleh Fred Cohen dengan judul komputer viruses- theory and experiments. Fred Cohen adalah seorang peneliti asisten profesor diunivesitas Cincinati,Ohio. Pada tanggal 3 November 1983 virus telah dipahami sebagai eksperimen yang dijadikan bahan persentase pada seminar  mingguan keamanan komputer. Nama “Virus” merupakan hasil penelitian Len Adleman. Beberapa perkembangan virus sebagai berikut.  Perkembangan virus pada tahun 1987 adalah denganpenyebaran yang cepat virus worm menyerang komputer main frame milik IBM sepanjang tahun 1987 dan dikenal dengan nama “the IBM christmas worm”. Virus macintish pada tahun 1988 juga worm internet menyebabkan krisis pada internet dan mematikan banyak komputer.
Pada tahun 1989 terkenal dengan virus trojan dengan nama “AIDS Trojan” yang memahami simpan data. Virus tersebut menyebar sebagai program informasi AIDS
·         Pada tahun 1990 lahirnya virus exehange yang beraal dari bulgaria
·         Pada tahun 1991 lahirnya virus polymorphic yang berawal dari switzerland.
Tahap Penularan Virus Dalam Komputer 
Virus macro adalah program sederhana yang biasanya digunakan untuk melakukan suatu perintah  atau dengan tujuan jahat
·        Trojan horse adalah program yang tujuan seolah berguna atau menyedikan hiburan yang membuat seseorang tertarik menjalankannya, akan tetapi program tersebut jugamemiliki maksud tersembunyiyang dapat merusak file atau dapat menempatkan virus pada komputer. Trojan yang juga dikenal dengan sebutan trojan saja, tetapi sebenarnya bukanlah sebuah virus karena tidak menduplikasi diri dan menyebar seperti pada umumnya virus.
·   Virus worm adalah program yang menduplikasikandiri tanpa menginfeksi program-program lainnya, akan tetapi beberapa worm dapat menyalin diri pada antar disk seperti hard disk atau disket.
Pada umumnya virus tidak akan aktif  ketika anda menyalahkan komputer, kecuali anda membuka program yang sudah terinfeksi virus , maka dia akan aktif dan viruspun akan bereaksi untuk menyebar ke program yamg lain. Di lihat dari segi karakter virusnya berbeda, karena ada virus yang tinggal dalam memori sampei komputer dimatikan  dan ada juga yang aktif saat membuka program yang terinfeksi  virus.
Ada berbagai cara serangan virus terhadap komputer adalah sebagai berikut.
·         Disket yang digunakan oleh orang lain pada komputer anda
·         Attachments email mengandung virus
·         Program diperoleh dari developer terinfeksi virus
·         Program yang di download dari internet
Cara yang paling tepat untuk menghindari dari terinfeksi virus adalah  dengan cara menginstall program antivirus, maka dengan ini komputer akan terlindung dengan baik.
Teknisi Melindungi Komputer Dari Virus
Ada beberapa langkah secara sederhana yang dapat menghindari serangan virus terhadap komputer  adalah sebagai berikut.
·    Jika anda menginstall program antivirus, maka anda telah membuat pelindung terhadap serangan virus ke komputer anda.
·         Proteksi media yang dapat yang di pindahkan, seperti Floppy disk.
·         Carilah informasi mengenai virus baru untuk menghindarinya, hal ini kita bisa lakukan di internet
·         Jalankan live update antivirus secara teratur untuk mendapatkan program baru yang up to date
·         Jalankan antivirus secara Aut-protect untuk menghindari virus yang menginfeksi komputer anda
·         Aturlah waktu untuk melakukan scan secara otomatis
·         Berhati- hatilah menerima email dari orang lain.


Artikel ini bersumber dari terbitan atas kerja sama PENERBIT ANDI dan  WAHANA KOMPUTER Semarang.

0 komentar:

Posting Komentar